Minggu, 12 Agustus 2012 - 14:53:48 WIB
Usaha Waralaba Wajib Jual Produk Dalam Negeri 80 Persen
    Diposting oleh :
    Dibaca: 24221 kali


Pemerintah akan mewajibkan pengusaha waralaba menjual lebih banyak produk dalam negeri daripada barang impor.

“Saat ini Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 31/2008 tentang Waralaba masih direvisi,” kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Gunaryo, Jumat (10/8).

Mantan direktur Bina Pasar ini berharap revisi Permendag tentang waralaba ini sudah selesai akhir bulan ini. “Doakan saja biar cepat selesai.”

Yang jelas, ia mengungkapkan kalau aturan yang sudah direvisi tersebut keluar, maka pengusaha waralaba wajib menjual 80 persen produk dalam negeri. Sisanya 20 persen silakan produk impor.

Di samping itu, ia menambahkan dalam peraturan baru itu juga nantinya akan mengatur beberapa banyak jumlah ritel di satu daerah. Ini dimaksudkan agar tidak mematikan pedagang tradisional.

“Nanti kita hitung komponen dan berapa ritel yang cocok di daerah itu. Tapi usaha setempat tetap menjadi prioritas,” jelasnya.

Peraturan itu juga akan mengatur pengusaha waralaba yang bergerak di sektor farmasi seperti Apotik. “Apotik juga gitu. Yang banyak harus obat generik, misalnya. Jangan obat impor,” ujar Gunaryo.

Berita Terkait

0 Komentar :




Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar :

(Masukkan 6 kode diatas)